Penggunaan Since, Due to, Owing to, Thanks to, Seeing As/That, Wherefore, Therefore, Therefor dan Hence
Penggunaan Since
Since dapat menjadi adverb, preposition atau conjunction. Since dapat digunakan untuk mengisyaratkan sejak atau karena, tetapi penggunaan since untuk mengisyaratkan sejak lebih umum daripada karena. Dalam mengisyaratkan karena, penggunaan since lebih formal dan bermakna ambigu, sehingga as dan because lebih umum digunakan.
Sebagai conjunction untuk mengisyaratkan sejak, pada main clause (independent clause atau induk kalimat) biasanya dalam bentuk present perfect atau past perfect, sedangkan setelah since dalam bentuk simple past. Namun, kita juga dapat menggunakan present perfect setelah since jika main clause menggunakan bentuk present perfect atau menggunakan past perfect jika main clause menggunakan bentuk past perfect.
Selain itu, since juga dapat diikuti oleh present participle (V-ing) untuk menyatakan sejak atau diletakkan setelah it's a long time untuk merujuk ke suatu titik waktu tertentu.
Kita juga dapat menggunakan since then atau ever since untuk menyatakan sejak. Since, since then atau ever since dapat diletakkan di awal, di tengah atau di akhir kalimat. Ever since bersifat lebih kuat daripada since atau since then.
Untuk mengisyaratkan sejak dalam bentuk waktu sekarang atau masa depan, kita dapat menggunakan from sebagai pengganti since. Untuk menyatakan durasi, kita tidak dapat menggunakan since, tetapi kita menggunakan for.
Since tidak dapat digunakan untuk menyatakan periode dari waktu tertentu ke waktu tertentu (atau digunakan bersama dengan kata to, until atau until now). Dalam hal ini kita dapat menggunakan from...to atau from....until.
Contoh since sebagai karena :
- I've canceled my trip to New Zealand since I heard that my grandmother was hospitalized.
- The construction project had suspended temporarily since the land owner had not paid the bill.
- She has decided to rest in the health care room since suddenly she felt unwell.
- Mother has taken me to the doctor to check my eyes since recently I felt like my vision was a bit blurry.
- Since Deasy is good at making cakes, we asked her to make cakes together.
Contoh since sebagai sejak :
- Since joining the club, I have made many new friends.
- I've known her since we attended the same university.
- I haven't seen him in a long time since then.
- We used to be very close, but suddenly she let me down because she did a lot of lies. I feel her hard to believe since.
- My dad had heart disease in 2019. He's been avoiding high cholesterol foods ever since
- Since then I haven't dared to play by the sea.
- He wanted to be an athlete ever since he was a child.
- It's a long time since she changed schools, we finally got to meet again.
Penggunaan Due to
Due to merupakan preposition yang memiliki arti disebabkan oleh atau berkat. Due to digunakan untuk mengisyaratkan penyebab dari suatu hal atau kejadian. Due to berkaitan dengan hasil atau akibat yang telah terjadi. Due to jarang diletakkan di awal kalimat. Due to biasanya diikuti oleh noun, pronoun atau gerund yang berperan sebagai noun. Due to juga dapat diikuti oleh pronoun jika disertai verb -ing. Due to dapat diletakkan setelah to be.
Contoh :
- Due to passing a red light, the police gave him a ticket.
- He had not attended school for a long time due to illness.
- The road was jammed due to an accident between public transportation and motorcyclists.
- The company's bankruptcy was due to embezzlement of money that had not been revealed for a long time.
- Due to her change in attitude, the atmosphere this afternoon changed.
Penggunaan Owing to
Owing merupakan adjective yang memiliki arti "yang berhutang". Kata ini jika dikaitkan dengan preposition to dapat menghasilkan arti "karena, berkat atau sebab". Namun, penggunaan kata ini jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari karena kata ini bersifat formal. Owing to dapat diletakkan di awal kalimat. Owing to berkaitan dengan hasil atau akibat yang belum terjadi. Owing to tidak dapat diletakkan setelah to be. Owing to dapat diikuti oleh noun atau pronoun.
Meskipun preposition dapat diikuti oleh gerund, tetapi rasanya kurang efektif jika owing (kata yang berakhiran -ing) diikuti oleh gerund (kata berakhiran -ing). Owing to dapat dikaitkan dengan the fact that untuk menghasilkan arti "berkat kenyataan bahwa".
Contoh :
- She didn't want to ride the game owing to she was afraid of heights.
- He tried to run away in physics class owing to he wasn't doing his homework.
- Owing to the large number of complaints that came in, the event was finally stopped.
- Owing to the fact that the rupiah exchange rate against the dollar has decreased, the prices of goods have increased.
Penggunaan Thanks to
Thanks to merupakan preposition yang memiliki arti "berkat". Thanks to dapat diikuti oleh noun, pronoun dan gerund.
Contoh :
- Thanks to taking private classes, my understanding of the material has improved even more.
- Thanks to the capital assistance provided by his friend, he was able to start the business he had planned for a long time.
- She felt that thanks to the prayers of her parents, she could pass the entrance examination for public universities.
- I think thanks to his actions on the stage the show has become even more lively.
Penggunaan Seeing as dan Seeing that
Seeing merupakan conjunction atau preposition yang memiliki arti "karena". Sebagai conjunction, seeing juga memiliki arti "mengingat bahwa". Seeing dapat diikuti oleh as atau that untuk mengisyaratkan "karena". Seeing as atau seeing that dapat diikuti oleh noun atau pronoun. Kata ini dapat diletakkan di awal kalimat atau di tengah kalimat. Sebagai conjunction antara dua clause, kata ini diletakkan setelah tanda koma.
Seeing that dan seeing as bersifat informal, sehingga kedua kata ini lebih tepat digunakan dalam percakapan sehari-hari atau bahasa dalam email kepada teman.
Contoh :
- Seeing that it was getting late at night, she offered us to stay at his house.
- Seeing as your schedule is so busy, we better postpone our meeting until next week.
- At that time the airport was crowded, seeing as many visitors came to greet their idol.
- I stopped by the cafe for a macchiato before I got to her house seeing that she likes it.
Penggunaan Wherefore, Therefore dan Therefor
Wherefore merupakan adverb yang memiliki arti "untuk apa atau mengapa" dan conjunction yang memiliki arti "karenanya atau oleh karena itu". Wherefore mengisyaratkan alasan atau tujuan dari suatu hal, seperti karena apa atau apa alasannya.
Therefore merupakan adverb yang memiliki arti "oleh karena itu, kareba itu atau karenanya". Therefore merujuk pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.
Therefor adalah adverb yang memiliki arti "untuk itu". Therefor merujuk pada alasan dari sesuatu. Therefor jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Wherefore dan therefore dapat diletakkan di tengah atau di awal kalimat. Wherefore dan therefore dapat diletakkan setelah but atau and.
Therefor dapat diletakkan di akhir kalimat. Therefor jarang digunakan dalam bahasa Inggris lisan maupun tulisan. Untuk menyatakan "untuk itu", kata for that lebih sering digunakan.
Contoh Wherefore :
- I know he doesn't like sweet coffee, wherefore I don't put sugar in his coffee.
- I realize that my grades are still lacking; wherefore I have to study harder.
- The stitches of this garment were untidy, and wherefore I didn't buy it.
Contoh Therefore :
- There are roadworks there; therefore, I took another path to the office.
- It is currently the rainy season. Therefore I remind him to always bring an umbrella.
- The storyline of this film is very complicated, but therefore many people want to watch it.
Contoh Therefor :
- The news circulating is indeed very confusing. She will explain it therefor.
- I plan to take out a home loan. I have provided the necessary files therefor.
Penggunaan Hence
Hence adalah adverb yang memiliki arti "karenanya atau oleh karena itu". Hence dapat digunakan untuk menyatakan selang beberapa waktu kemudian sejak waktu sekarang jika diletakkan setelah periode waktu. Hence dapat diletakkan di awal kalimat tanpa diikuti oleh tanda koma. Hence juga dapat diletakkan di akhir kalimat atau setelah kata and. Sebagai conjunction yang menghubungkan antara dua clause, hence diletakkan setelah tanda koma. Hence bersifat sangat formal.
Contoh :
- I know he doesn't like it. Hence I won't force him to do it.
- The prices of the goods in this shop are very expensive, hence the shop is empty of visitors.
- She promised to return to his hometown in a month hence.
- I didn't know about the trading of shares and hence I didn't dare to get into the business.
- Three months hence my wife will give birth to our second child.
Komentar
Posting Komentar